KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Abstrak
Informasi dan ilmu pengetahuan sampai pada kita lewat berbagai jalan. Pada zaman dahulu, papirus, batu tulis, tulang dan buku menjadi media utama tersampainya ilmu pengetahuan. Seiring dengan majunya teknologi, dewasa ini informasi mengalami perubahan format ke dalam bentuk digital. Ide yang dimuat dalam kertas mulai tergantikan menjadi versi elektronik. Kita memasuki era paperless. Perubahan format ini membuka peluang besar bagi kemudahan akses informasi, apalagi dengan membuatnya dapat diakses secara online.
Dengan bermodal komputer, dewasa ini kita dapat menjelajahi dunia cyber, yang kaya akan informasi. Berbagai penelitian berkesimpulan bahwa proses meng-online-kan informasi ini merupakan salah satu faktor penting yang mendorong pesatnya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan bermodal komputer, dewasa ini kita dapat menjelajahi dunia cyber, yang kaya akan informasi. Berbagai penelitian berkesimpulan bahwa proses meng-online-kan informasi ini merupakan salah satu faktor penting yang mendorong pesatnya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pendahuluan
Internet pada awalnya dikembangkan oleh AS sekitar tahun 1970, dan semula dipergunakan terbatas untuk keperluan militer. Tiga dasa warsa berlalu. Dewasa ini di negara maju, internet hampir menjadi kebutuhan primer. Layanan yang ditawarkan internet pun semakin lengkap, komunikatif dan memanjakan konsumen. Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang populer beberapa tahun belakangan ini membuat internet menjadi barang yang tidak asing lagi di rumah-rumah, dan semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati akses internet 24jam.
Pada masa awal, pemakaian internet hanya terbatas untuk berkirim electronic mail. WWW (World Wide Web) mulai populer digunakan sekitar awal tahun 90-an, dengan memakai berbagai web browser seperti Netscape, Internet Explorer, dsb. Seiring dengan perkembangan hardware maupun software yang pesat, materi yang disampaikan lewat
web pun mengalami perkembangan. Materi yang dimuat tidak terbatas berupa teks, melainkan gambar, suara, video, streaming, hingga yang bersifat interaktif, seperti chatting, video conference dsb.
Hal ini dimungkinkan oleh kemajuan teknologi di bidang hardware dan software. Sebagaimana yang diramalkan oleh Gordon Moore (Moore’s Law), bahwa kemampuan komputer akan berlipat dua kali setiap 18 bulan.
Dapat dikatakan, informasi yang sampai kepada kita mengalami beberapa kali perubahan format. Informasi dan ilmu pengetahuan yang semula didokumentasikan pada papirus, tulisan pada batu, buku, dewasa ini telah banyak yang ditransfer ke dalam bentuk digital. Tulisan ilmiah, skripsi, telah umum disimpan dalam format elektronik
(misalnya format Word, PDF, dsb.), pada disket, CD ROM atau pun DVD. Karena bentuknya tipis, ringan, sangat mudah bagi kita untuk membawa informasi itu kemana-mana. Selanjutnya kemajuan yang dicapai oleh teknologi internet membuat informasi tersebut dapat ditampilkan di web, atau dikirim lewat email, sehingga dapat diakses dari berbagai penjuru dunia. Syaratnya hanya satu: asal tersambung ke dunia cyber.
Dengan demikian, alur penyampaian ilmu pengetahuan dewasa ini melewati beberapa tahap : 1) mengubah format-nya dari buku ke dalam bentuk digital 2) mengirimkannya dalam bentuk “bit”, deretan kode “0” dan “1”, lewat koneksi internet kepada berbagai pihak, yang mungkin berada di manca negara. Kata kunci bagian akhir proses ini adalah "online", yaitu tampilnya suatu informasi di dunia cyber, yang pada akhirnya turut memberikan akselerasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Makalah ini akan membahas kontribusi signifikan informasi online terhadap dunia pendidikan dan penelitian. Pada bagian ke 2, akan dibahas proses perubahan informasi ke arah digital, dan dilanjutkan dengan proses meng-online-kan informasi digital tersebut, yang akan dibahas pada bagian ke-3. Pada bagian berikutnya, akan dibahas pengaruh signifikan pada dunia pendidikan dan penelitian yang dipacu oleh terbuka lebarnya akses informasi. Setelah membahas beberapa masalah yang dihadapi, bagian terakhir merangkum point-point penting dalam makalah ini.
Dapat dikatakan, informasi yang sampai kepada kita mengalami beberapa kali perubahan format. Informasi dan ilmu pengetahuan yang semula didokumentasikan pada papirus, tulisan pada batu, buku, dewasa ini telah banyak yang ditransfer ke dalam bentuk digital. Tulisan ilmiah, skripsi, telah umum disimpan dalam format elektronik
(misalnya format Word, PDF, dsb.), pada disket, CD ROM atau pun DVD. Karena bentuknya tipis, ringan, sangat mudah bagi kita untuk membawa informasi itu kemana-mana. Selanjutnya kemajuan yang dicapai oleh teknologi internet membuat informasi tersebut dapat ditampilkan di web, atau dikirim lewat email, sehingga dapat diakses dari berbagai penjuru dunia. Syaratnya hanya satu: asal tersambung ke dunia cyber.
Dengan demikian, alur penyampaian ilmu pengetahuan dewasa ini melewati beberapa tahap : 1) mengubah format-nya dari buku ke dalam bentuk digital 2) mengirimkannya dalam bentuk “bit”, deretan kode “0” dan “1”, lewat koneksi internet kepada berbagai pihak, yang mungkin berada di manca negara. Kata kunci bagian akhir proses ini adalah "online", yaitu tampilnya suatu informasi di dunia cyber, yang pada akhirnya turut memberikan akselerasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Makalah ini akan membahas kontribusi signifikan informasi online terhadap dunia pendidikan dan penelitian. Pada bagian ke 2, akan dibahas proses perubahan informasi ke arah digital, dan dilanjutkan dengan proses meng-online-kan informasi digital tersebut, yang akan dibahas pada bagian ke-3. Pada bagian berikutnya, akan dibahas pengaruh signifikan pada dunia pendidikan dan penelitian yang dipacu oleh terbuka lebarnya akses informasi. Setelah membahas beberapa masalah yang dihadapi, bagian terakhir merangkum point-point penting dalam makalah ini.
KOMPUTER : Digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Pada zaman modern ini semakin banyak komputer canggih dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat.
Komputer digunakan secara meluas dalam berbagai aktivitas di kehidupan manusia seperti :
1. Perbankan
2. Perniagaan / Perdagangan
3. Industri
4. Transportasi
5. Obat-obatan / Rumah Sakit
6. Pendidikan
7. Seni
8. Penelitian
9. Rekreasi
10. Pertahanan dan Keamanan
11. Komunikasi
Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer digunakan sebagai Sistem Uang
Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dll) untuk
menyimpan data, memproses transaksi dan pembayaran tagihan secara
on-line.
Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu untuk memproses data dalam
jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk
menyimpan hasil transaksi yang terjadi, inventaris persediaan (stock)
barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen
dan lain-lain. Selain tunai pembayaran juga dapat dilakukan secara
elektronik dengan menggunakan credit card atau debit card.
Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer
Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang
tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan
tenaga kerja. Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua
kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti
memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali,
membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan
kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.
Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di
Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan
masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya
juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan
pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan
raya tertentu.
Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern, komputer digunakan untuk
membantu dokter menjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit,
menghasilkan gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial
Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat
membaca dengan teks khusus bagi orang tuna netra. Selain itu untuk
menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian para karyawan RS,
mengelola persediaan stock obat-obatan.
Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai
CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted Instruction)
digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam
pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk meyimpan
data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian
maupun latihan.
Bidang Seni
Synthesizer kini popular digunakan untuk meniru bunyi alat-alat
musik tradisional seperti bunyi gitar dan piano. Komputer juga
digunakan dalam berbagai proses penciptaan lagu seperti penyusunan
dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan bidang
yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah digunakan untuk
menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan
"special effects”.
Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk penyelidikan tenaga nuklear dan
pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga
digunakan untuk penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam
sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam ramalan cuaca
seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli
cuaca akan meramal cuaca pada ketika itu.
Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk
orang ramai dimana permainan komputer, permainan arked, permainan
video dan sebagainya mengandungi banyak cip-cip elektronik di
dalamnya.
Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat
rekreasi yang canggih seperti roller coaster.
Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem
senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang
yang modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih untuk
membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat.
Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi
calon prajurit untuk mengurangkan biaya.
Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang
lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses
pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui
3
alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-Mail ialah surat
elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk
komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM
(Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer
kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon.
ISYU SOSIAL
Dampak Positif penggunaan teknologi komputer :
- Komunikasi yang lebih baik
- Transportasi yang lebih cepat dan aman
- Penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat
- Efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja.
Dampak Negatif :
- Ada perasaan takut bahwa manusia akan menjadi budak dari mesin yang diciptakannya
- Perasaan takut akan kehilangan pekerjaan karena telah diambil alih dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian
- Data-data penting yang disimpan didalam komputer mempunyai resiko tinggi dirusak atau diambil oleh hacker walaupun sudah menggunakan sandi kunci atau password.
ISYU SOSIAL YANG MENONJOL :
- Pekerjaan Lapangan pekerjaan berkurang atau bertambah ? Bagaimanakan nasib organisasi yang masih tradisional di kantornya?
- Kesehatan Apakah duduk lama didepan komputer mempengaruhi kesehatan fisik ?
- Kebebasan Pribadi Siapa yang berhak mengakses informasi pribadi ? Adakah batasan penggunaan dari informasi pribadi yang telah dikumpulkan pemerintah atau badan swasta ?
- Kendali Terpusat Apakah komputer akan dimanfaatkan untuk melebarkan kekuasaan pengelola atas pekerja? Apakah pemerintah akan semakin kuat dan cenderung untuk semakin memusatkan kewenangannya ?
- Tanggung Jawab - Apakah penyebaran penggunaan komputer dan komunikasi akan mengkotak-kotakkan masyarakat ? - Apakah keluarga akan semakin menyendiri karena komputer telah menyediakan banyak kebutuhan ? - Apakah produksi barang akan menurun karena sebagian besar anggota masyarakat terjun ke pelayanan jasa informasi ?
- Citra Diri Manusia : - Apakah komputer mempengaruhi citra diri kita ? - Apakah manusia akan kehilangan keyakinan dirinya karena tugas-tugasnya diambil alih oleh komputer ? - Apakah teknologi tidak dapat ditolak ? - Dapatkah kualitas manusia dipertahankan ?
- Etika dan Profesionalisme - Seberapa jauhkah para ahli komputer terhadap profesi mereka ? - Apakah mereka harus memiliki etika profesi seperti dokter dan ahli hukum ?
- Kepentingan Nasional Apakah perekonomian negara pada masa mendatang sangat tergantung dari prestasi dalam teknologi tinggi?
- Kesenjangan Keahlian - Apakah penggunaan komputer menajamkan persaingan antara tenaga ahli dan tenaga bukan ahli? - Apakah pekerjaan dalam masyarakat akan terbagi menjadi menarik dan membosankan ? - Apakah kaum miskin dan kurang pendidikan akan memandang bahwa komputer hanya merupakan alat bagi golongan mampu ?
Makalah ini membahas mengenai pengaruh positif dari informasi online. Berbagai penelitian menunjukkan adanya kontribusi signifikan dari informasi online terhadap akselerasi penelitian iptek. Hal ini ditunjukkan antara lain oleh tingginya frekuensi rujukan paper ilmiah online dibandingkan paper yang tidak dapat diakses online, cepatnya perkembangan bidang bioinformatika yang memanfaatkan internet secara optimal untuk bertukar data dan hasil observasi. Walaupun pada pelaksanaannya masih ada kelemahan dan kendala dalam hal sekuriti, hak cipta dll. tetapi proses meng-online-kan informasi ini merupakan etape yang harus kita lalui untuk memajukan pendidikan dan riset di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar